Nurul Imam Studio

Belajar HTML, CSS, JavaScript, PHP & MySQL untuk pemula & tingkat lanjut

Jasa Pembuatan Website Profesional

Belajar PHP OOP (Object Oriented Programming) Pemula

Sudah lama tidak berjumpa yah :D Kali ini saya ingin menuliskan beberapa Tutorial Tentang Bahasa Pemrograman Berbasis Web Yaitu PHP. Pasti udah pada tau kan sama PHP. Yupp, tapi kali ini saya lanjutkan Tutorial PHP ini, Namun bukan PHP Dasar / Prosedural lagi, melainkan PHP OOP atau Obejct Oriented Programming. Apa perbedaan PHP yang biasa kita pakai (Prosedural) dengan OOP (Object Oriented Programming) ? Oke kita akan bahas sedikit teorinya agar mudah dipahami ketika kita prakteknya.

PHP OOP

Programming secara Prosedural adalah gaya pemrograman yang paling mudah dipahami secara algoritmik. Jadi ketika kita pertama kali mempelajari bahasa pemrograman, kita dituntut untuk memahami program yang dibuat secara algoritmik. Sedangkan Object Oriented Programming adalah Pemrograman berorientasi objek yang mana OOP ini adalah pengembangan dari gaya pemrograman Prosedural. Bagi kebanyakan orang yang sudah terbiasa dengan gaya programming prosedural, biasanya akan mengalami kesulitan ketika ingin beralih ke gaya pemrograman berbasis objek. Lhoo… mengapa ?

Untuk mempelajari OOP ini memang sangat disarankan bagi para programmer yang sudah mahir / advanced. Karena selain penguasaan dari sisi algoritmik, programmer OOP ini harus mampu menyatakan masalah kedalam bentuk objek-objek. Wajar programmer prosedural agak susah beralih ke object oriented karena mereka sudah terbiasa dengan menyatakan masalah kedalam bentuk algoritma tapi dipaksakan beralih ke bentuk objek. Tapi tenang, OOP dalam PHP tidak sulit kok. Jika kita mempelajarinya secara pelan-pelan asalkan betah di ulang-ulang dan sambil praktek, nanti juga bisa dan terbiasa juga kok. Buktinya sekarang saya sudah terbiasa dengan gaya object oriented untuk membuat program / web. Oke, saya rasa cukup untuk teori pengenalannya, kita langsung lanjut ke topik pembelajaran PHP Object Oriented Programming.

Saya buat tahapan pembelajaran PHP Object Oriented ini mulai dari awal dan insyaallah akan saya update terus pembelajaran ini. Berikut ini adalah tahapan belajarnya.

Artikel ini masih berlanjut, dan akan terus diupdate selalu tentang pembelajaran PHP Object Oriented Programming. Jadi tetep terus pantengin yah, Bookmark biar gak lupa nyari-nyari lagi :)

3 Comments

  1. Rival ZunaidhiReply

    Bagus tutorialnya mas, ditunggu updatenya..:D

  2. agungReply

    keren

  3. agungReply

    tolong kirim ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>