Nurul Imam Studio

Belajar HTML, CSS, JavaScript, PHP & MySQL untuk pemula & tingkat lanjut

Jasa Pembuatan Website Profesional

Model Rekayasa Web Air Terjun (Waterfall Model)

Metode air terjun adalah suatu proses pembuatan website secara terstruktur & berurutan, dimulai dari penentuan masalah, analisa kebutuhan, perancangan, implementasi, integrasi, uji coba sistem, penempatan website & pemeliharaan website. Pembuatan website dengan metode ini sangat cocok dilakukan untuk pembuatan website berskala besar karena menyangkut manajemen & sistem yang rumit. Untuk memperjelas masing-masing tahapnya akan saya jelaskan berikut ini.

Penentuan Masalah

Pada tahap ini dilakukan diskusi antara pihak pengembang & klien mengenai apa tujuan pembuatan website bagi klien & apa saja keuntungan yang diperoleh klien dari pembuatan website tersebut.

Analisa Kebutuhan

Pada tahap ini dilakukan analisa kebutuhan & membuat spesifikasi lengkap tentang isi, jenis script yang digunakan, menentukan jenis website statis atau dinamis, penggunaan multimedia & kebutuhan-kebutuhan lainnya. Tahap ini harus menerangkan sejelas-jelasnya terhadap website yang akan dibangun karena tahap ini adalah tahap penentu untuk keberhasilan tahap-tahap selanjutnya.

Perancangan

Pada tahap ini web desainer berkolaborasi dengan web programmer dalam menentukan rancangan website sesuai dengan spesifikasi yang diberikan. Web desainer membuat rancangan tampilan visual (front-end), sedangkan web programmer menentukan rancangan program (back-end) yang dibutuhkan dalam pembuatan fasilitas-fasilitas yang ada pada website.

Implementasi

Pada tahap ini dilakukan proses implementasi terhadap seluruh website sesuai dengan tugas masing-masing (web desainer & web programmer) yang bertanggung jawab terhadap bagian tugasnya. Web desainer membuat tampilan front-end dengan menggunakan tool bantu untuk membuat layout & gambar-gambar yang ditampilkan. Sedangkan web programmer melakukan coding sesuai bagian tugasnya masing-masing.

Pada tahap ini juga terdapat proses uji coba pada masing-masing unit sehingga dapat diketahui bagian (unit) mana yang masih harus diperbaiki sebelum melangkah ke tahap selanjutnya. Hal ini sangat penting artinya bagi kemudahan dalam melakukan koreksi atau perbaikan pada sebuah unit sehingga kinerja tim pengembang lebih efektif & efisien.

Integrasi

Pada tahap ini dilakukan penggabungan dari semua komponen penyusun website sehingga menjadi website yang solid & sesuai dengan spesifikasi yang ada.

Uji Coba Sistem

Pada tahap ini dilakukan proses uji coba terhadap sistem yang dibangun termasuk sistem navigasi, buku tamu, counter, login, contact form, & fasilitas lainnya diuji kinerjanya sehingga dapat diketahui bagian mana yang masih belum berfungsi dengan baik. Tahap ini merupakan tahap penting sebelum website dipublikasikan. Hal ini sangat berkaitan dengan kredibilitas klien yang memesan website tersebut.

Penempatan & Pemeliharaan Website

Pada tahap ini, website siap untuk dipublikasikan di internet. Pada tahap ini, web administrator mulai mencari sebuah web hosting & melakukan installasi bahkan mengupdate & memelihara website tersebut.

Pembuatan website dengan metode waterfall ini membutuhkan banyak orang yang memiliki spesialisasi pada masing-masing tahapan diatas. Pembuatan website dengan menggunakan metode ini dilakukan secara tahap demi tahap sehingga cenderung membutuhkan waktu pengerjaan yang sangat lama, tapi dengan menggunakan metode ini, pembangunan sebuah website akan jadi kompleks & minimnya maintenance dalam jangka panjang.

22 Comments

  1. Ismail NReply

    Oppss.. ingat ada gambar air terjun tadi :wink:

  2. ArtieReply

    wuih.. ada metodenya juga bikin web ya.. :)

    • Nurul ImamReply

      Iya klo untuk pengembangan website berskala besar :)

  3. Mizz AizaReply

    wah.. rumit juga untuk membangunkan sebuah website itu ya.. perlu mengikuti semua proses seperti di atas..

    • Nurul ImamReply

      Itu untuk pembangunan website berskala besar kak :)

  4. Intan SudibjoReply

    tahapan yang bukan pendek, tak mudah ternyata membuat web itu hihihi

    • Nurul ImamReply

      Gampang-gampang susah :D

  5. Rohis FacebookReply

    sy kirain td bicara air terjun hehe…,
    sip infox, thx ya..! *smile

    • Nurul ImamReply

      Ternyata oh Ternyata :D

  6. Cara RirinReply

    Panduan nya sangat lengkap dan urut mas. Jadi bisa mudah dipahami untuk para blogger yang sedang belajar desainer web :)

    • Nurul ImamReply

      Terimakasih mbakyu :D

  7. Andrekocak BlogReply

    keren gan :)
    cukup real :)

    • Nurul ImamReply

      Real dalam apa nih ?

  8. AgriReply

    bikin keriting ni mas,, yg repot ya yg bikin wkwkwk.. matafff ni artikel… :D

    • Nurul ImamReply

      Yang enak yah yang nikmatin :D

  9. r10Reply

    kenapa situs luar negeri designnya keren2 karena mereka punya konsep dan sumber daya he he

    • Nurul ImamReply

      Betul sekali mas bro, mereka konsep web dengan sedetail mungkin

  10. eammReply

    maaf,, ini refensi dari mas nya sendirii atau dari?? terimakasih,,
    bahan untuk tugas saya

    • Nurul ImamReply

      Dari berbagai sumber tentunya :)

  11. Imam PrayogoReply

    Materi tentang waterfall nya bagus gan
    .
    ane mau sharing tentang Kelebihan dan Kekurangan Proses Model Pada Rekayasa Perangkat Lunak (ada waterfall jga)
    jangan lupa kunjungi balik ya
    .
    http://markijar.blogspot.com/2015/04/kelebihan-dan-kekurangan-model-proses.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>