Nurul Imam Studio

Belajar HTML, CSS, JavaScript, PHP & MySQL untuk pemula & tingkat lanjut

Jasa Pembuatan Website Profesional

Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Oleh Web Designer

Ada banyak prinsip yang harus dipegang oleh Web Designer. Dalam tulisan ini, saya akan menuliskan beberapa prinsip web desainer & beberapa hal yang harus di lakukan oleh seorang desainer web. Berikut ini adalah prinsip-prinsip seorang web desainer.

Membuat Website Untuk Pengguna

Seorang Web Designer harus dapat membuat website yang user friendly & mendukung tujuan klien dalam membuat web tersebut. Hal ini juga berarti web designer harus menganggap pengguna adalah seorang yang awam terhadap segala aspek yang ada pada situs web. Web designer juga harus mempertimbangkan karakter pengguna yang berbeda-beda, maka desain web yang dibuat harus mewakili selera kebanyakan orang.

Website Utility & Usability

Utility adalah fungsionalitas suatu website, sedangkan Usability adalah sifat website yang mendukung kemampuan pengguna dalam memanipulasi website sehingga pengguna memperoleh apa yang dibutuhkannya. Beberapa ciri dari usability diantaranya adalah website dapat dipelajari dengan mudah, penggunaannya efisien, sedikit kesalahan, mudah diingat oleh pengguna & membuat pengguna menjadi puas setelah mengunjungi website tersebut.

Correctness

Correctness maksudnya adalah tidak adanya kesalahan dalam penulisan script website seperti penulisan HTML, CSS, PHP, JavaScript sehingga fungsi berjalan dengan semestinya. Inilah yang menjadikan website standard. Penampilan gambar juga harus sesuai dengan konten, tidak adanya link rusak terutama pada bagian menu / navigasi website & masih banyak lagi yang harus diperhatikan agar website yang dibuat masuk dalam standar web.

Cross Browser & Responsive Web Design

Website yang akan dibuat juga harus bisa dibuka dengan baik disemua browser & resolusi layar. Jika anda belum menguasai tentang cross browser & responsive disemua device, anda seharusnya menampilkan informasi seperti “Website ini sangat baik dilihat dengan menggunakan Browser Mozilla Firefox pada resolusi 1024 x 768″. Tapi ada baiknya anda membuat website yang baik lintas browser & nyaman diakses di semua device seperti HP, iPhone, iPad, Tablet, & NetBook.

Load Time Website

Seberapa lambat website anda dibuka dengan sempurna di web browser anda ? Seperti yang kita ketahui, Kecepatan akses internet di Indonesia tergolong lambat. Maka dari itu, buatlah website seringan mungkin & jangan membuat website anda berat untuk dibuka. Anda bisa meminimalisir penggunaan flash dengan HTML5, kompress file HTML, CSS, JavaScript, Image, bahkan anda bisa kompresi gzip untuk meringankan beban website anda.

Bantuan Dalam Akses Website

Anda juga harus memanjakan pengunjung dengan menyediakan alat bantu agar pengunjung dapat menelusuri konten website dengan mudah. Anda bisa membuatkannya navigasi, daftar isi artikel, halaman pencarian (jika artikel anda sangat banyak), bahkan halaman bantuan (cara mendaftar, masuk, menggunakan contact form, dll).

19 Comments

  1. Intan SudibjoReply

    ini adalah modal dasar bagi seorang pemula untuk menekuni menjadi weeb designer hehe.. mantap mas :)

    • Nurul ImamReply

      Modal dasar tapi banyak web desainer yang masih tidak memperhatikan prinsip sebagai web desainer

  2. AgriReply

    waduh,, kebetulan saya bukan seorang web designer nii,, tapi saya nyimak dulu aja deh hehe :)

    • Nurul ImamReply

      Simak aja mas tambah-tambah ilmu pengetahuan :)

  3. Rohis FacebookReply

    ternyta susah jg klo seorg web designer, hrs bnyk dikuasai.., sy mah hny bs memakai aja…., *smile
    thx ya..!

    • Nurul ImamReply

      Tidak begitu susah kok mas

  4. Cara RirinReply

    Ternyata untuk menjadi desainer itu tidak mudah ya hmmm :D

    • Nurul ImamReply

      Tidak mudah bukan berarti sangat sulit mbak :D

  5. Hanif MahaldiReply

    Load time website biasanya jadi andalan kalau di Indonesia ya. Soalnya akses internet belum stabil disemua daerah jadi lebih baik yg ringan saja. :)

    • Nurul ImamReply

      Sippp… Makanya klo targetnya Indonesia, jangan berat-berat seperti website flash dsb.

  6. MENONEReply

    bener bgt gan……… tampilan juga perlu

    • Nurul ImamReply

      Tampilan perlu apa nih ?

  7. ArisReply

    Sya sebenarnya suka membuat webiste, ada sedikit teknik dasar sih. CUma tidak PD untuk terjun ke jasa desain. ADa masukan gan? ditunggu kunjungan baliknya.

    • Nurul ImamReply

      Sering bikin web aja dulu, nanti juga muncul keberanian dengan sendirinya

  8. syakirurohmanReply

    Benar sekali mas Imam, Web designer tidak boleh asa mendesain semaunya. harus memperhatikan juga kebutuhan dan kenyamanan pengunjung. Terima kasih sharenya!.. sukses terus

    • Nurul ImamReply

      Iya sama-sama :)

  9. luqmanReply

    mas, saya membuat halaman yang isinya form absensi dan saya link-kan ke website saya. lha link itu kok hanya bisa dibuka pada kumputer saya saja yaa??

    bagaimana cara agar dapat dibuka di semua komputer yang mengakses halaman web tersebut…

    terimakasih

    • Nurul ImamReply

      Bisa kok di buka di komputer lain juga, mungkin saja ga bisa klo webnya di localhost :D

  10. Didik sebastianReply

    whoaaa mas makasih info-nya,..mas nurul hebat,patut dicontoh..web friendly dengan admin friendly juga :D .saluut mas,boleh add facebook??saya web designer pemula jadi buth banyak belajar kepada sang ahli,kayak mas ini wakakaka…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>