Pengertian Dari Silabus & RPP

Silabus merupakan tahapan sistematis rencana materi setiap kali pertemuan dengan mahasiswa dalam satu semester. Biasanya bersisi Pokok-Pokok materi yang akan diajarkan, sub pokok materi perkuliahan, tujuan umum dan khusus materi perkuliahan, media perkuliahan seperti OHP atau projector, diskusi, tugas akhir perkuliahan & referensi yang digunakan. Kerangka silabus mengacu kepada sistematis perkuliahan yang digambarkan dalam suatu bagan tertentu sehingga mahasiswa mudah memahaminya.

RPP Rencana Pertemuan Perkuliahan atau SAP Satuan Acara Perkuliahan tidak jauh berbeda pengertian & kerangka konsepnya, hanya beda nama & penggunaan. Mungkin dalam suatu perguruan tinggi menggunakan istilah Silabi atau Silabus dan diperguruan tinggi yang lain lagi menggunakan istilah RPP atau SAP.

Namun jangan salah. silabus bisa diartikan sebagai sinopsis, uraian singkat dari maksud yang lebih luas. Lihat dalam kamus besar bahasa Indonesia mungkin anda akan menemukan arti yang lebih spesifik, namun maksudnya seperti itu.

Created By :        Date : 11 - October - 2013

Jasa Pembuatan Website

24 Comments

  1. Intan SudibjoReply

    hohoho.. orang kuliahan nih mas Imam, salam mahasiswa hehehe :D

    • Nurul ImamReply

      Mahasiswa jadul :D

    • hasyim asy'arieReply

      Yang saya mau komntari yaitu dsini mas imam kan cuman memberikn pembhsan pngertianx saja….trus kalau manfaat dan tujuan.

      • Nurul ImamReply

        Untuk manfaat kan dari tujuan membuat rpp sendiri sudah jelas pak :)

  2. SMA Terbaik Di PalemReply

    ini dia yang bikin saya lebih tau :D

    • Nurul ImamReply

      Semoga banyak ilmu yang didapat :)

  3. KuvishaReply

    selama ini kuliah tapi ga tau apa itu artinya silabus :D

    • Nurul ImamReply

      Saya juga baru tahu waktu saya mau mengajar di SMK :D

  4. yulitaReply

    dulu waktu kuliah,pasti ada silabus dan RPP :)

    • Nurul ImamReply

      Klo gak ada yah apa yang dipelajarin :D

  5. ohawho blogReply

    maaf nih masih sblmnya sdkt saran tp mngkn agak ribet. klo pnulisn kode phpnya dlampirkn dngn hsil tampilan mngkn lbh jelas mas. hehe… :-D

    • Nurul ImamReply

      Untuk artikel terbaru akan saya kasih contoh demo hasil outputnya :)

  6. RirinReply

    saya kok kurang sependapat dengan pengertian silabus yang dijelaskan diatas mas. hehehe :D

    Soalnya yang menggunakan silabus itu tidak hanya di perkuliahan saja, melainkan di jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK. Semua jenjang pendidikan dalam lingkup Kementrian Pendidikan Kebudayaan RI pasti ada silabusnya hehehe :D

    • Nurul ImamReply

      Yupss.. sebenernya itu karena saya lagi nyiapin modul buat mahasiswa. Pengertian itu bukan secara global kok mba, saya juga sama mempersiapkan silabus & rpp buat SMK karena saya juga mengajar di SMK :)

  7. zulfiyantiReply

    nah.. ini dia yang saya cari. dari awal masuk kuliah. lupa apa yah sebutannya buat rincian perkuliahan. SAP.. toh namanya
    sangat dibutuhkan .. terima kasih mas.. :)

    • Nurul ImamReply

      Wihhh tumben izul komen di blog saya :D
      Baru tau SAP udah semester 3 yah :D

  8. Rizkyzone.comReply

    saya pernah mas garap ketikan silabus dan RPP, gila.. buanyak banget tebelnya 5CM lebih

    • Nurul ImamReply

      Pernah jadi guru / dosen mas ?

  9. Rizkyzone.comReply

    kalau jadi guru atau dosen sih saya belum pernah mas, cuma saya yang ngetikkan tugas guru tersebut

    • Nurul ImamReply

      Saya kira mas rizky pernah jadi guru hehehe :) Saya juga ribet nyusun RPP buat SMK nih :(

    • Nurul ImamReply

      Ok, terimakasih tambahannya :)

  10. nindya resti damayanReply

    maaf mas mau tanya, silabus 2013 untuk mapel bahasa Indonesia SMA dan SMK beda atau sama? terima kasih

    • Nurul ImamReply

      Beda mbak :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>