Jangan Copy Paste Jika Ingin Serius Belajar

Jika mahasiswa banyak yang copy paste jawaban UAS teman sebelahnya itu sudah 100% menandakan bahwa dia tidak mengerti & tidak ingin mempelajarinya karena malas ataupun sulit dipelajari. Nah, yang akan saya bahas disini bagaimana jika mahasiswa ingin belajar tapi dia selalu mengcopy paste makalah atau mengcopy paste source kode program. Artikel ini sebenernya lebih cenderung menyindir orang yang ingin belajar bahasa pemrograman tapi dia selalu mengcopy paste atau melakukan drag & drop ketika dia latihan membuat sebuah program.

Sebuah contoh ada mahasiswa yang ingin Belajar HTML & CSS, tapi dia hanya melakukan copy paste atau menggunakan tool seperti dreamweaver, arteester, dll untuk mendesain sebuah website. Jika itu kejadiannya, si mahasiswa tersebut tidak akan menguasai & bener-bener hafal tag, atribut, fungsi, dan lain-lain. Itu karena dia hanya melihat sekilas kodenya. Bandingkan dengan kita yang belajar mendesain sebuah website dengan cara manual mengetik satu persatu kode HTML & CSSnya. Pasti dia sedikit demi sedikit akan hafal & tau fungsi tag tersebut karena dia memperhatikan setiap baris kodenya dengan cara mengetik & membaca.

Jika seorang web desainer yang hanya sekedar ingin membuat sebuah website tanpa ingin mengerti, anda bisa saja memakai tool yang bertebaran di internet yang hanya melakukan drag & drop. Jika ingin lebih cepat, anda bisa mendownload sebuah theme / template yang sudah siap pakai. Tapi jangan berharap anda bisa paham dengan apa yang anda kerjakan tersebut.

Jika anda seorang web desainer yang pernah sesekali membuka sebuah file html & css untuk mengedit blognya, namun ketika anda ingin menambahkan fitur artikel terkait pada blog tersebut, lalu anda mencari artikel tutorial tentang cara membuat artikel terkait, anda membaca artikel tersebut, tapi anda cuma menambahkan kode yang tertera di artikel tersebut dengan cara copy paste ke blog anda. Saya pastikan anda mengerti sedikit tentang kode tersebut namun anda tidak akan bisa membuatnya sendiri mulai dari awal tanpa tutorial.

Istimewanya adalah adanya seorang mahasiswa yang bersungguh-sungguh ingin belajar membuat sebuah website, lalu dia mempelajarinya satu persatu mulai dari Belajar HTML & CSS Dasar. Lalu dia mempraktekkan ilmunya dengan membuat sebuah halaman web sederhana dengan cara mengetik secara manual di notepad tanpa bantuan tool apapun. Dia cuma bermodal notepad & web browser, lalu sedikit demi sedikit dia memperhatikan kode yang ditulis. Saya jamin dia bukan hanya sekedar bisa membuat sebuah website, namun dia paham betul tentang HTML & CSS.

Jadi kesimpulannya orang yang ingin belajar website bisa dilihat keseriusannya dengan cara apakah dia melakukan copy paste atau mengetik manual dalam prakteknya. Jika anda bilang mengetik secara manual akan memakan waktu lama, sebaiknya anda renungkan, tujuan anda hanya ingin membuah sebuah website atau sekaligus mempelajarinya. Jika anda memilih hanya membuat sebuah website saja, anda boleh melakukan copy paste atau mendownload template jadi untuk mempercepat kerja anda, Tapi jika anda ingin serius belajar membuat website, saya sarankan anda ketik kode tersebut dengan cara manual. Itulah sebagian alasan kenapa saya tidak menuliskan source code pada artikel pembuatan Aplikasi Kalkulator PHP. Saya sengaja menyisipkan sebuah gambar untuk menampilkan source codenya supaya tidak bisa di copy paste.

Jasa Pembuatan Website

11 Comments

  1. Rizkyzone.comReply

    untuk code2 an saya masih suka copy paste mas imam

    • Nurul ImamReply

      Ntar ga hafal fungsi-fungsinya lho mas :)

      • Rizkyzone.comReply

        iya sih mas, kalau saya copas dan tak edit propertinya saja mas yang paling sering

        • Nurul ImamReply

          Klo gitu masih ada ngerti ngertinya dikit hehehe :D

  2. RirinReply

    Wah selama ini saya alhamdulillah nulis artikel sendiri mas. Dan blog saya 90% original. Hanya 10% yang copas. Tapi kalau kode HTML JavaScript, semua nya copas hehehe :D
    soalnya saya nggak bisa buat sendiri sih :D

    • Nurul ImamReply

      Klo masalah tulis menulis copy paste dengan merubah sedikit-sedikit dan menambahkan itu tidak masalah jika disertai sumbernya. Tapi klo mau tau fungsi dari kode-kode yang ditulis ya harus ketik manual. Kecuali klo memang cuma buat ngambil fungsinya aja tanpa ada niatan buat mempelajarinya :)

  3. yulitaReply

    bener banget tuh mas,,copas tanda tak mampu,,hehehe

    • Nurul ImamReply

      Klo lirik lagu BIP kan “Syirik Tanda Tak Mampu”

  4. Enas NasrudinReply

    mantap gan, bantu komen di blog ane gan, biar gk terlalu sepi, skaligus komen na ntar biar ane gampang kesini lgi
    mksih

    • Nurul ImamReply

      Oke siappp…

  5. Kaksupy (SUPYANDI) |Reply

    […] saja siapkan Text Editor untuk mengetikkan kode PHP. Silahkan anda ketikkan kode PHP dibawah ini. Jangan Copy Paste jika anda ingin mengerti fungsi-fungsinya & lancar mengetikkan kode […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>