Install Win 7 & Solusi Driver MacBook Air 4.1

Pengalaman ini sangat berkenang bagi saya, bermula karena dibutuhkannya installasi visual studio 2012 yang hanya support windows 7. Sebelumnya saya memakai 2 OS di MacBook Air 4.1 saya yaitu Mac OSX Snow Leopard & Windows XP SP3. Semuanya berjalan lancer di MacBook saya dengan bantuan Bootcamp versi 3.0.

Ketika saya mau menginstall windows 7 untuk menggantikan windows xp dalam macbook saya, saya lupa caranya :D. Akhirnya saya lakukan lagi dengan cara awal lagi. Untuk step by stepnya akan saya jelaskan secara rinci dibawah ini.

Pertama install Bootcamp di macbook anda, jika sudah terinstall, buka Bootcamp di menu Applications => Utilities => Boot Camp Assistant. Lakukan konfigurasi dengan membuat partisi untuk installasi windows. Tentukan berapa ukuran untuk partisi windows 7 anda.

Konfigurasi Bootcamp Assistant

Jika anda menemukan masalah seperti tidak bisa melakukan partisi dengan beragam masalah, anda bisa mengatasinya dengan membuka Disk Utility. Setelah terbuka, lakukan Verify & Repair Disk. Jika tidak bisa dilakukan, silahkan lakukan hal tadi dengan menggunakan booting lewat CD Mac Os anda.

Verify & Repair Disk Utility

Jika sudah berhasil, silahkan lakukan kembali membuat partisi windows 7 dengan menggunakan Bootcamp. Setelah selesai partisi, silahkan masukkan DVD Windows 7 anda & lakukan installasi seperti biasa ketika macbook anda restart.

Setelah windows 7 berhasil diinstall, boot macbook anda ke windows 7 dengan menekan tombol option & pilih harddisk windows. Ketika sudah masuk ke windows 7, lakukan installasi bootcamp dengan menggunakan CD 1 Mac OS. Setelah berhasil diinstall, ternyata masih ada beberapa driver yang belum terinstall sempurnya seperti i-Sight, Ethernet, VGA & Audio.

Solusinya anda buka folder yang ada di CD Mac Os anda, lalu temukan driver Marvels for Win 7 untuk installasi driver Ethernet. Setelah itu, restart macbook anda. Didalam CD Mac Os tidak ada Driver VGA & Audio untuk Windows 7, hanya ada untuk XP & Vista saja. Solusinya anda bisa mendownload drivernya melalui link dibawah ini.

Download Driver Intel GMA X3100 Download Driver Realtek Audio

Setelah berhasil di download, lakukan installasi seperti biasanya. Saya sengaja mengupload driver ini karena sulitnya mendapatkan driver tersebut. Saya juga mendapatkan driver ini dari diskusi beberapa forum mac os. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang kebetulan sedang kesusahan mencari driver ini.

Created By :        Date : 15 - October - 2013

Jasa Pembuatan Website

17 Comments

  1. Ridwan SofianReply

    aplikasi yang bagus gan,.. untuk itu saya download hehe salam kenal dari ku gan

    • Nurul ImamReply

      Aplikasi apaan ? Driver kaleeeeee :p

  2. Intan SudibjoReply

    wah.. kurang paham kalo ngomongin Mac, soalnya belum pernah nemu makhluk yang satu ini :D , mungkin nemu tapi tak tau namanya apa haha

    • Nurul ImamReply

      Masih jarang yah yang make MacBook atau iMac :(

  3. Beben KobenReply

    pakek XP :D

    • Nurul ImamReply

      Windows 98 :p

  4. Rizkyzone.comReply

    saya pakai win 7 mas imam untuk laptop saya, kalau Mac OSX sampai sekarang pun saya belum pernah lihat penampakannya secara langsung, dan sampai sekarang juga saya cari instaler gratisnya g ketemu slayaknya win xp yang banyak gretongannya ckckckckkck

    • Nurul ImamReply

      Klo Mac Os emang resmi buat made in apple seperti MacBook & iMac. Tapi di laptop biasa juga bisa diinstall pake Hackintosh :) Banyak kok link downloadnya klo mau nyobain hackintosh ;)

  5. BlogS oF HariyantoReply

    Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha, bila ada salah kata dan khilaf atas prilaku selama ini, serta bila ada salah baca atau salah dalam berkomentar, atau belum sempat membalas komentar, dari lubuk hati yang paling dalam saya mohon dimaafkan lahir dan batin…salam

    • Nurul ImamReply

      Iya sama-sama, kata-katanya kopas buat blogwalking :D

  6. Bang AncisReply

    Wah masih belum sampai ke sana saya… nyimak aja boleh kan, Sob?

    • Nurul ImamReply

      Boleh-boleh aja bang :D

  7. husni,hehanussaReply

    mas saya suda doundload drivenya dan suda saya instal tapi kenapa belum ada juga suaranya mac saya?

    • Nurul ImamReply

      Coba download driver dengan searching dev id dan hd idnya :)

  8. Hafiz NugrohoReply

    makasih ya gan,

    • Nurul ImamReply

      Iya sama-sama

  9. harisReply

    spesifikasi macbook yang aku punya :
    os x v10.9 (13A603)
    bootcamp v5.1.0
    grafik nvidia geforce 9400M 256mb
    Display 1280 x 800
    aku isi dengan win7 dan dan untuk driver vganya intel GMA X3100 sesuai yang anda sarankan .. ternyata tidak support/gagal instal … mohon pencerahannya. terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>