Cara Mempercepat Proses Propagasi DNS

Created By : | Date : 27 - January - 2013
Tags: ,

Ketika Domain & Hosting sudah aktif, Tapi anda belum bisa membuka domain anda melalui browser, bahkan jika anda melakukan ping menggunakan command prompt, anda tidak mendapatkan reply / mendapatkan pesan request could not find host. Penyebabnya adalah Propagasi DNS, Karena setiap ISP memiliki update berbeda-beda untuk meresolve domain. Update DNS ISP biasanya sekitar 24 s/d 72 Jam, tergantung kecepatan update DNS ISP anda.

Resolved DNS pada prinsipnya hanya memperkenalkan IP baru didomain tersebut keseluruh DNS yang ada di muka bumi ini. Proses Resolved DNS memerlukan waktu paling lambat sampai 2 x 24 Jam. Ini mungkin bermasalah bagi anda yang butuh untuk mengedit / menambahkan artikel dengan cepat. Jika anda baru mendaftarkan nama domain atau pindah hosting & ketika anda mengisi / mengupdate NS di Control Panel Domain, Domain anda tidak langsung terarah pada server hosting tersebut. Perpindahan tersebut memerlukan waktu untuk proses yang dinamakan Propagasi Domain atau Resolve Domain.

Faktor Yang Mempengaruhi Proses Propagasi

1. Registrar Domain
Data domain name tercatat di Registrar atau Server Domain Name. Ketika anda melakukan pergantian NS, Maka Registrar akan mengganti data tentang alamat IP server hosting kita yang baru. Respond Registrar ada yang cepat & ada juga yang lambat. Domain name Internasional atau TLD biasanya memiliki respon yang lebih cepat jika dibandingkan Registrar Domain name Lokal / ccTLD.

2. Umur Domain
Jika anda mendaftarkan Domain baru & sejak awal sudah diarahkan ke NS hosting anda, Maka masa propagasinya biasanya cepat. Begitu anda buka domainnya di web browser, Maka akan langsung tersambung. Tetapi jika Domain ini sebelumnya sudah diarahkan ke server hosting yang terdahulu, kemudian diarahkan ke server hosting yang baru {Misalnya : ketika proses pindah server}, Maka diperlukan waktu propagasi domain yang lebih lama. Hal ini dikarenakan adanya cache, baik pada komputer kita maupun cache pada ISP.

3. Internet Service Provider
Masa propagasi juga sangat dipengaruhi oleh ISP kita. Perlu diketahui bahwa rute informasi ketika mengakses internet adalah dimulai dari adanya perintah dari komputer kita, kemudian perintah tersebut diteruskan ke ISP, kemudian dari ISP akan diteruskan ke server hosting melalui beberapa titik jaringan. Begitu juga dengan respon yang diberikan oleh server hosting juga akan melalui rute tersebut. Dengan alasan untuk mengurangi beban terkadang ISP menggunakan cache memory yang besar, sehingga ketika pelanggan mengakses internet terasa lebih cepat. Padahal data yang diakses adalah data buffer. Jika kita menggunakan ISP yang seperti ini yang biasanya masa propagasi domain menjadi lebih lama karena menunggu ISP tersebut melakukan refresh jaringan internetnya.

Trik Mempercepat Propagasi DNS / Resolved Domain

Biasanya masalah Propagasi Domain ini berasal dari ISP yang anda gunakan. Jika anda mengalami masalah Propagasi yang lama, Maka lakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Refresh Web Browser dengan menekan tombol CTRL + F5 secara bersamaan. Sudah terhubungkah …? Jika masih belum terhubung, Coba lakukan langkah selanjutnya !
  2. Bersihkan Cache Web Browser anda ! Jika anda pengguna “Mozilla Firefox”, Pilih menu Tools > Clear Private Data, Beri tanda centang pada pilihan Cache & Klik tombol Clear Private Data Now.
  3. Putus koneksi Internet anda ! Shutdown Komputer anda & mintalah bantuan teman anda (yang berada di luar daerah & memakai ISP yang sama anda} untuk segera mengakses domain anda. Jika bisa terhubung, Berarti “Komputer” anda yang bermasalah.
  4. Minta juga bantuan teman anda (yang memakai ISP berlainan dengan anda) untuk segera mengakses domain anda ! Jika teman anda berhasil terhubung ke server baru anda, Berarti “ISP” anda yang bermasalah.
  5. Coba anda akses Website lain yang IP addressnya sama (NS-nya sama) dengan Website Anda ! Jika bisa tersambung berarti server hosting tidak bermasalah, Melainkan “Registrarnya (Server Domain)” yang bermasalah. Hubungi & Tanyakan pada Registrar Domain anda !

Trik Memaksa ISP Anda Untuk Update DNS

Silahkan Cek IP dari domain anda ! Saya mencontohkan domain nurulimam.com sebagai contoh domain yang sedang menjalani proses Propogasi. IP Adresss Nurulimam.com adalah 199.167.135.210. Cara Untuk mengetahui sebuah IP Domain Name, Anda bisa melihatnya melalui cPanel Hosting. Caranya, Login ke cPanel, Lalu lihat informasi stats pada cPanel anda !

Bagi pengguna Windows, Klik Start > Run & Isikan perintah berikut ini…

notepad C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts

Setelah terbuka, Masukkan alamat IP & Domain / Sub-domain yang ingin dipaksa Resolvingnya ! Untuk lebih jelasnya lihat dibawah ini…

127.0.0.1   localhost
10.10.10.10 domainanda.com # Baris Yang Ditambahkan
10.10.10.10 www.domainsaya.com # Baris Yang Ditambahkan

Contoh Kasus Untuk Domain Saya Yang Di Host Heroku

75.101.145.87 nurulimam.com
174.129.212.2 nurulimam.com
75.101.145.87 nurulimam.com
75.101.163.44 nurulimam.com
nurulimam.heroku.com www.nurulimam.com
199.167.135.210 cpanel.nurulimam.com

Save File Host tadi & Gunakan Flush DNS dengan cara seperti berikut…

ipconfig /flushdns

Jika anda menggunakan router seperti mikrotik, Anda bisa menambahkan static IP address. Ketikan text berikut di console mikrotik.

/ip dns static add address=10.10.10.10 name=domainanda.com

Lalu lakukan flush dns di mikrotik dengan cara

/ip dns cache flush

Lakukan juga Flush DNS di komputer client anda ! Refresh Browser anda ! Coba akses lagi domain anda ! Insya Allah akan langsung terhubung dengan server baru anda. Kalau masih belum bisa, Silahkan Restart Komputer Anda !

Perlu diingat bahwa ini hanyalah metode sementara saja. Setelah beberapa hari disarankan untuk dihapus kembali baris yang sudah anda tuliskan di dalamnya. Ini berperan jika suatu saat jika anda mengarahkan Domain anda ke server baru, Maka anda akan tetap di arahkan ke server lama ana jika anda mengakses Domain anda melalui Komputer yang belum anda hapus baris yang sudah anda tuliskan tadi. Selamat mencoba ….

“Artikel ini ditulis atas pengalaman pribadi saya dan diambil dari berbagai sumber”

11 Comments

  1. iTekno.co.idReply

    Adakah cara dengan menggunakan sebauah tool atau software. Saya sudah hampir 24 jam belum juga terhubung dengan hosting yang baru :(

    • Nurul ImamReply

      Tinggal flush dns saja mas :)

  2. rdcontena.comReply

    kalau kasus nya pakai internet modem gmn? bkn pake internet ISP

    • Nurul ImamReply

      Sama aja mas, modem kan ada sim card ya itu ISPnya

  3. taufiq hidayahReply

    oh gitu caranya, makasih mas :)

    • Nurul ImamReply

      Iya sama-sama

  4. EgaReply

    Halo mas saya baru saja pindah hosting dan sudah beberapa jam ini masih belum dapat mengakses blog saya, melihat trendcounter sudah banyak visitor yang dapat mengakses saya jadi kepikiran apa punya saya yang error ?

    Lalu untuk yang nomor 5 nih mas
    5. Coba anda akses Website lain yang IP addressnya sama (NS-nya sama) dengan Website Anda ! Jika bisa tersambung berarti server hosting tidak bermasalah, Melainkan “Registrarnya (Server Domain)” yang bermasalah. Hubungi & Tanyakan pada Registrar Domain anda !

    ketika saya mengakses blog yang IP & NSnya sama, saya juga tidak dapat mengkasesnya. apakah ini normal ?

    • Nurul ImamReply

      Itu biasanya terjadi caching dns dari provider internet mas

  5. rahman arif HReply

    Saya sudah 1x 24 jam pindah ns dan sampai saat ini masih beberapa provider yg belum bisa mengakses hosting yg baru….

    Nmun ketika saya check di whatsmydns.net sudah berubah A nya ke ns yg baru. Kalo pakai ip luar negeri bisa dengan baik mengakses dengan baik…. Tp klo pakai ip indo…. Hanya beberapa provider saja yg bisa yg lainnya mengakses ns lama, dan di ns lama sudah saya hapus baik hosting dan cpanelnya jadi otomatis kelihatan error gtu….

    Bagaimana mas solusinya untuk propagansi indonesia? :(

  6. BeniReply

    Mas saya beli domain dan hosting dari provider yang berbeda, setelah saya ganti nameserver untuk mengarahkan domain name saya ke server hosting, sudah beberapa hari belum bisa diakses, apakah ada setting saya yg salah ?

  7. Vina SulistiaReply

    makasih infonya agan nurul imam
    lumayan nambah wawasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>