Bingung Membuat Blogroll, Link Sahabat, Partner, Dan Lain-Lain

Rata-Rata Blog yang saya kunjungi itu membuat sebuah daftar blogroll, link exchange, sahabat, partner, dan lain sebagainya. Ada yang di letakkan di Footer, Sidebar, Maupun Di Halaman Khusus yang berbentuk Artikel. Saya jadi Ngerasa ngga enak sendiri melihat blog teman-teman dekat saya memasang dengan jelas link blog Nurul Imam Notes ini di sidebar mereka dan malah ada yang menyantumkan link footer mereka dengan link saya, Tapi saya sendiri tidak menghargai mereka dengan tidak menyantumkan link mereka si blog saya meski mereka tidak keberatan jika saya tidak melakukannya.

Meraba-raba Footer, Ternyata tidak ada lahan. Meraba Sidebar, Kayaknya Ngga Cocok. Membuat sebuah artikel dengan isi link semua kayaknya kurang etis gitu dah. Bingung seribu bingung karena memang saya sering memantau tulisan iseng mereka hanya melalui RSS Reader. Nah sekarang kasusnya malah beda lagi nih. Teman-Teman saya sudah meninggalkan Ngeblog dengan memakai Bantuan CMS, Namun Mereka menulis artikel di Web Statis yang hanya di muat di halaman html. Itu semua mereka lakukan karena ingin menjadikan kita mandiri, tidak malas, latihan mendesign web statis, dan lain-lain. Mereka juga tidak membuat Feed entah itu Atom, RSS, dan lain-lain. Meski saya hampir hafal semua alamat web mereka, Namun saya berusaha meluangkan sedikit demi sedikit waktu untuk membuat daftar web mereka satu persatu di blog ini.

Dimana saya meletakkannya ? Karena rata rata teman teman saya menjadi author blog ini, jadi semua link teman teman saya bikin di halaman Credits Nurul Imam Notes. Ini merupakan saran Si Doni Gendut yang katanya mending di list di halaman admin agar tidak semua orang dapat melihatnya. Mungkin karena web dia terlalu Private sampe hanya anggotanya saja yang bisa lihat. hehehhe.

Tampilan Halaman Nurul Imam Credits

Karena memang pengunjung tidak dapat mengakses di karenakan belum menjadi anggota blog ini, jadi saya sekedar ngasih tau gambarnya aja deh. Silahkan lihat di Screenshot Nurul Imam Credits. Udahlah Segini aja artikelnya. nganggur banget yah gua … hehehe

Created By :        Date : 12 - July - 2011

Jasa Pembuatan Website

34 Comments

  1. Jaka @psdesain.netReply

    Sepertinya site saya tak tercantum nihh,, :D
    Hhehe,,

  2. Nurul ImamReply

    && Jaka @psdesain.net : Ada di bawah mas, Saya males ambil gambar gede2. hehehhe

  3. Joko SutartoReply

    Saya boleh ikutan berpendapat, Mas? Kalau saya perasaan tak enak itu saya singkirkan jauh-jauh. Awalnya juga sempat berpikir begitu. Dia pasang link blog saya tapi saya tidak. Namun karena hakekat ngeblog itu tak hanya sekedar tukar link maka saya abaikan. Yang terpenting itu adalah saling berkunjung. Syukur-syukur juga berkomentar. Jadi, jika saya disuruh memilih yang mana, apakah tidak enak karena tak memasang linknya, ataukah masalah saling berkunjungnya?

    Saya lebih memilih pilihan yang kedua. Saya pasti sungkan, tak enak jika ada blogger yang sering berkunjung ke blog saya tapi saya tak melakukan kunjungan sebaliknya.

    Pengecualian, kalau bloggernya pasang link blog saya dan dia juga sering berkunjung serara rutin ke blog saya maka pasti saya akan melakukan serupa, pasang link blog dia juga di blog saya.

  4. anisayuReply

    knapa bingung, myamtai saja mau pasang boleh ga pun ya jangan pasang hehehe gitu aja

  5. Nurul ImamReply

    && Joko Sutarto : Iya nih mas, Ini juga di karenakan saya tidak bisa memantau blog yang tidak mendukung RSS. Karena memang saya selalu memantau lewat RSS Reader. Terimakasih atas sarannya.

  6. Nurul ImamReply

    && anisayu : Nyantai aja lagi, ga tegang kok. hehehhe

  7. MerlizaReply

    saya sih ngblog apa adanya aja mas :p

    oh iya sekedar memberitahukan ada titipan… mohon di ambil, terimakasih :)

    www .merliza.com/2011/07/first-award.html

  8. RullyReply

    klo rasanya perlu ya bikin aja halaman satu lagi buat daftar blogrollnya klo ga ada tempat lagi bang hahaha.. tapi kan dengan postingan ini dah jelas dan mungkin rasanya teman yg lain dapat memaklumi.. toh bang nurulimam.info sering ngunjungin blog beliau jadi yaa sudah jelas aja rasanya hahaha

  9. adhaniReply

    sepertinya sama juga dengan permasalahan kita mas imam, saya sudah menutup pertukaran link di blog saya, hanya memberi link kepada blog yang benar2 saya sukai untuk saya taruh di sidebar karena telah berkontribusi banyak selama saya menekuni dunia blogging

  10. anisayuReply

    rilek disini dg baca artikelmu lagi hehehe

  11. Majalah Masjid KitaReply

    sayapun yang termasuk terus meraba-raba untuk urusan widget dsb ini mas :(

  12. tomiReply

    wahh saya gak bisa lihat.. harus jadi member toh mas?

  13. Nurul ImamReply

    && Rully : Klo bikin halaman khusus link, apa enak tuh buat di lihat ? SE aja enek banget ngindexnya, apa lagi Orang… hehehhe

  14. Nurul ImamReply

    && adhani : Yups … Saya rasa pertukaran link itu tidak di perlukan. Yang lebih saya tekankan adalah saling berkunjung di blog teman. Iya ga ? hehhehe

  15. Nurul ImamReply

    && anisayu : Baca artikel disini ga menegangkan ya mbak ?

  16. Nurul ImamReply

    && tomi : Iya mas, Tapi ada screenshotnya di atas.

  17. iskandariaReply

    Saya sendiri gak pernah mempermasalahkan narablog yang nggak punya blogroll. Toh, jalan untuk saling mengunjungi kan bukan cuma dari situ :)

    Blogroll saya sendiri sebenarnya lebih saya fungsikan sebagai tempat ngasih backlink pada beberapa postingan blogspot saya..hahahah. Tapi juga tempat nampung link mereka yang dulu ngajak tukaran link. Sekarang sih saya udah gak nerima lagi tukaran link. Mau pasang link blog saya silakan saja, tapi saya nggak akan pasang balik.

    Oya, sebenarnya saya mau tanya, mengapa link di bagian komentar blog ini nggak diaktifkan? Trus kalau memang nggak diaktifkan, kenapa form input URL-nya nggak dihapus aja? Jadi mubazir tuh. Sama juga bo’ong dong kalo disediakan isian link, tapi disuruh ngosongin aja dan kalaupun diisi, linknya nggak aktif.

    Sebenarnya bukan masalah mau nyari backlink atau cuma buat nyepam sih, tapi ini lebih demi mempermudah yang belum familiar dengan pengomentar untuk berkunjung ke blognya. Jadi, dengan link yang aktif, yang belum familiar dengan si Anu bisa mudah berkunjung ke blognya (saat si Anu ninggalin komen di sini).

  18. Nurul ImamReply

    && iskandaria : Sebenernya sih itu sengaja saya buat no link hanya dalam isi artikel saja mas. Klo Di Dashboard / Halaman admin saya tetep bisa melihat link blog mereka. Saya melakukan ini semata-mata hanya demi mewujudkan komentar masuk di blog ini bukan hanya sekdedar ninggalin Jejak. Tapi memang meninggalkan komentar yang layak untuk di publikasikan. Banyak Blogger yang mempermasalahkan hal ini, Waktu di Blogger banyak yang protes {dengan alesan klo itu Backlink}, tapi mengapa di situs2 berita tidak ada yang Protes ? Tujuan saya membiarkan adanya Form URL hanya untuk memantau komentar masuk dari orang yang blognya belum pernah saya lihat sebelumnya. Adapun klo mas is dan temen2 saya lainnya, meski tidak menampilkan URL, saya masih tetep bisa meraba blognya. Ada keluhan lain mas ?

  19. iskandariaReply

    Alasan saya sama dengan komentar sebelumnya, bahwa dengan link yang aktif, yang belum familiar dengan si ‘Anu’ bisa mudah berkunjung ke blognya (saat si ‘Anu’ ninggalin komen di sini). Jadi, kita lihat dari sisi yang berkunjung ke blog ini saja. Bukan dari sisi admin yang bisa mengetahui linknya.

    Kalau di situs berita itu BEDA KASUS dong. Mereka kan bukan blog, jadi bisa dimaklumi jika cuma ada isian nama dan alamat email. Toh bisa jadi pengunjung terbanyak mereka bukan blogger. Nah, kalau untuk blog, isian URL menurut saya jadi barang ‘wajib’. Sebagai identitas juga sih jika ada yang berkunjung dan berkomentar (selain berupa nama).

    Tapi balik lagi ke pemilik blog (admin). Mudah-mudahan bukan karena takut takut pagerank turun karena kebanyakan link keluar. Toh kalo karena itu, kan nggak juga kayaknya, soalnya status default link komentar adalah no follow.

    Atau mungkin ini demi mengurangi komentar yang masuk agar loading bisa lebih cepat? Kalau begitu, masuk akal juga sih. Tentunya juga bisa menghemat disk-space hosting :) (karena jumlah komentar juga memakan space hosting).

  20. Nurul ImamReply

    Sebenernya selain penjelasan di atas, saya juga mengantisipasi adanya lonjakan traffic dari Spammer. Kemarin saya juga merasakan adanya Overhead database comment karena banyak Spammer masuk dari digg dot kom itu di karenakan kesalahan saya meng auto fill kotak isian pertanyaan. Saya males banget mau urusin ini itu, karena memang saya sendiri buat blog ini buat catatan semata. Oia masalah PR itu tidak sama sekali masalah. PR itu tidak penting. Yang terpenting adalah saya bisa menulis untuk teman2 deketku terutama request artikel. Meski blog ini de-index pun sebenernya bukan masalah besar buat saya. Karena SE bukan segalanya buat blog ni. Blog ini menekankan Return Visitor, bukan UV maupun NV. Terimakasih atas penjelasan mas is di atas. saya sangat menghargai pendapat mas is.

  21. anisayuReply

    sekedar ucapkan selamat malam… :)

  22. TUKANG CoLoNGReply

    wah saking respeknya kamu ama temen jadi pusing gini. aku salut ama kamu brooo

  23. AmelaReply

    Kalau saya sih biasanya mencantumkan link blog2 yang saya baca, biar lebih mudah kalau mau berkunjung,, tak dicantumin balik pun tak apa-apa…

    Kalau ada yang ingin tukar linkpun saya tidak keberatan,,

    :D

  24. FIKRI SHAREReply

    kalau saya sih tidak mewajibkan sobat lain untuk memasang link saya di blog mereka, daftar link yang saya pasang hanyalah sebagai pengingat link blog teman saja, karena saya seorang pelupa jadi untuk mengingatkan alamat link teman maka saya buat daftar linknya.

  25. Nurul ImamReply

    && anisayu : Selamat Pagi Mbak … !!!

  26. Nurul ImamReply

    && TUKANG CoLoNG : Ngga enak sendiri aja nih… Salut juga deh … wkwkwkwk

  27. Nurul ImamReply

    && Amela : Saya juga gitu cuma klo ada yang ngajak tukeran link, mending tukeran review aja deh. Lebih Berkesan rasanya…

  28. Nurul ImamReply

    && FIKRI SHARE : Klo saya sih cuma buat baca baca artikelnya. Percuma aja banyak list tapi ga di baca artikelnya. hehehhe

  29. rismakaReply

    Saya sama seperti kebanyakan pengomentar di atas, menutup pertukaran blogroll. Disamping sudah tidak ada tempat lagi, saya juga agaknya terlalu malas untuk meladeninya.

    Saya bukan full time blogger, bukan pula seorang yang gemar cari backlink. Kalaupun ada yang memasang link blog saya, alhamdulillah, kalau tidak ada ya tidak masalah.

    Saya juga sama seperti anda, memantau perkembangan teman2 melalui RSS reader. Di samping praktis, saya juga tidak harus blogwalking untuk melihat ada artikel baru atau tidak.

  30. rismakaReply

    Alangkah lebih baik kalau form URL blog di kotak komentar ini dihilangkan saja.

    Karena kebanyakan pengomentar pasti mengharapkan linknya bisa tampil di blog ini.

    Dengan menghilangkan form URL, bukankah mereka pasti akan mengerti bahwa di blog ini tidak diizinkan adanya link URL. Jadi mereka mesti mikir dua kali untuk melakukan komentar asal ataupun nyepam.

    Bila alasannya, link akan tetap terlihat oleh pemilik blog di dashboard agar bisa dilakukan kunjungan balik, maka seharusnya di form URL tidak dituliskan kalimat “Kosongin aja yah !”

    Bagaimana mungkin pemilik blog ingin melihat link pengomentar, kalau ia sendiri menyuruh pengomentar utk mengosongkan alamat URL blognya…

  31. Nurul ImamReply

    && rismaka : Makasih banyak masukkannya. Saya bukannya tidak memperdulikan saran dari temen2, tapi memang saya ga kepikiran karena ga liat FORM komentar dalam keadaan Log Out

  32. FIKRI SHAREReply

    penghias form “Kosongin aja yah !” nya udh ganti nih gan?

  33. irulReply

    Baca artikel dan komentar disini jadi banyak masukan neh buat newbe kaya saya.. Istilah backlink, blogroll aja baru tahu dan fungsinya juga baru sedikit informasi. Setahu saya kalo blogroll kan buat backlink ya? kalo pada ga pasang blogroll temen, dapat backlinknya gimana ya? ada yang tahu? tangkyu berat informasinya..

    • Nurul ImamReply

      Dapet backlinknya dari blog yang ikhlas pasang link kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>