Mengenang Pertandingan PERSIB 2 – 0 Persita

Tim Persib “Maung” Bandung bangkit, dengan mengalahkan tim Persita Tangerang 2-0 (1-0) pada lanjutan pertandingan sepakbola kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia V di Stadion Siliwangi Bandung, Minggu (22/11). Gol tim Persib dicetak Robby Darwis (menit 37) dan Imam Riyadi (50).

Pemain Persib pun turun dengan pita hitam terikat di tangan kiri, sebagai tanda duka, pada pertandingan tersebut. Namun, berbeda dengan penampilan sebelumnya, pemain-pemain Persib tampil penuh semangat pada pertandingan melawan Persita tersebut.

Walaupun pada menit-menit awal, sempat ditekan tim Persita yang tampil taktis, Persib akhirnya bisa menguasai keadaan dan balik menekan pertahanan Persita. Hingga enam menit pertandingan berlangsung, dua kali striker Agus Suparman menguasai bola di dalam kotak penalti, namun gagal memanfaatkan peluang emas tersebut.

Persib masih kesulitan menembus pertahanan Persita karena penjagaan ketat terhadap striker Sujana dan Asep Dayat. Sujana tampak kesulitan melepaskan diri sehingga lini depan Persib kurang berkembang. Beberapa peluang Persib didapat dari tendangan bebas atau tendangan penjuru saja.

Memasuki menit ke 35, Pelatih Suryamin menarik Sujana dan memasukkan Asep Poni. Dua menit berselang, gol pertama Persib terjadi ketika umpan tarik Imam Riyadi dari sisi kanan pertahanan Persita disambar kapten tim Robby Darwis yang menempati posisi lini tengah.

Masuknya Poni yang memiliki mobilitas tinggi merusak konsentrasi lini belakang Persita dan membuat Asep Dayat juga memiliki ruang gerak yang lebih besar. Hanya lima menit memasuki babak kedua, Asep Dayat yang melakukan solo-run dijatuhkan libero Persita, Toyo Haryono di dalam kotak penalti. Hukuman tendangan penalti yang diberikan wasit Bambang Pamilih dimanfaatkan oleh Imam Riyadi dengan memperbesar keunggulan menjadi 2-0.

Duet striker Asep Poni dan Asep Dayat tampak benar-benar merepotkan lini belakang Persita. Tercatat tiga kali terjadi benturan di dalam kotak penalti yang membuat mereka jatuh bangun. Satu peluang emas lainnya dimiliki Imam Riyadi yang menguasai bola sendiri di dalam kotak penalti. Tendangan Imam membentur mistar gawang M. Sukron Chaniago dan memantul kembali ke tengah lapangan.

Persita sebenarnya memiliki peluang untuk mencetak gol. Enam menit menjelang bubaran, giliran Persita yang mendapat tendangan penalti. Wasit menilai penjaga gawang Gatot Prasetyo menjatuhkan striker Persita, Ilham Jayakesuma yang lolos dari jebakan off-side. Namun, tendangan penalti Agus Suparman berhasil ditepis keluar Gatot. Hingga kedudukan 2-0 bertahan hingga turun minum.

Pelatih tim Persib, Suryamin menyatakan puas dengan motivasi para pemain Persib. “Kemampuan mereka ‘keluar’ dengan motivasi tinggi seperti ini,” katanya. Penjaga gawang Gatot Prasetyo yang sukses menggagalkan tendangan penalti Agus Suparman menyatakan bahwa semua pemain juga bertekad menjawab keraguan terhadap Persib. “Ini membuktikan bahwa Persib masih ‘ada’,” katanya.

Manajer Persib, H. Moch. Sanusi yang merasa puas dengan hasil ini, mengeluhkan kepemimpinan wasit. “Setidaknya ada tiga pelanggaran di dalam kotak penalti yang dibiarkan, ini tentu menjadi catatan dalam laporan nanti,” katanya.

Kekecewaan terhadap wasit ternyata juga diutarakan pelatih Persita, Andi Lala. “Seharusnya tidak ada penalti, karena pelanggaran terhadap Asep Dayat terjadi di luar kotak penalti. Namun, saya memuji penampilan pemain Persib yang tampil penuh semangat,” katanya.

Namun, Manejer Persita, H. Adil Darmawan menilai wasit bersikap fair dalam memimpin. “Tidak ada masalah dengan wasit, ia cukup bagus,” kata Adil yang menyayangkan kegagalan pemainnya mengeksekusi penalti

Created By :        Date : 18 - June - 2011

Jasa Pembuatan Website

4 Comments

  1. auramanReply

    waduh saya bukan pendukung persib mas, tapi sapa aja deh didukung :D

  2. sayaberitahuReply

    persib tunggu persiraja ya ?, musim depan , hehehe

  3. Nurul ImamReply

    && auraman : Klo sapa aja di dukung berarti persib juga di dukung kan ?

  4. Nurul ImamReply

    && sayaberitahu : Maksudnya Persiraja raja ampat ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>