WP Super Cache & W3 Total Cache Where is Best

Plugin Cache mana yang kalian pilih ? WP Super Cache / W3 Total Cache / Hyper Cache atau yang lainnya ? Bagaimana Kinerja Plugin Tersebut ? Ada perubahan yang mencolokkah buat WordPress kalian ?

  • Ngga ada perubahan sama sekali / cuma agak entengan dikit
  • Malah Jadi ERROR dan Blank WordPressnya
  • Dahsyat, Bisa Bikin WordPress Seperti Kertas Melayang

Review Tentang W3 Total Cache Dan WP Super Cache

Plugin W3 Total Cache

Plugin ini milik Frederick Townes. Banyak situs-situs besar menggunakan plugin ini salah satunya adalah Smashing Magazine. Plugin ini juga di rekomendasikan oleh penyedia Layanan Hosting Terkenal yakni Hostgator. Plugin ini agak aneh tingkah lakunya, jika kalian salah mengkonfigurasi, maka akan berakibat fatal yaitu blanknya blog kalian. Apalagi di versi terbarunya, meski ada tambahan aplikasi Google Page Speed, namun sayang sepertinya banyak yang tidak beres. Salah-satunya adalah Error / Tidak berfungsinya fitur Minify.Tapi kita bisa mengakalinya dengan mengopreknya secara manual atau bisa juga dengan menonaktifkan fitur minify lalu Install Plugin WP Minify.

Saya sendiri tidak suka adanya banyak plugin yang nampang di area dashboard blog ini. Makanya saya pilih W3 Total Cache untuk urusan Optimasi Page Speed blog ini. Kenapa ? Karena Plugin ini adalah plugin yang sangat kompleks. Plugin ini juga bisa di katakan gabungan dari WP Super Cache, DB Cache Reloaded, WP Minify, Dan CDN Integrator. Jika memakai 1 plugin ini sama aja memasang banyak plugin yang bikin berat beban server kita.
W3 Total Cache plugin yang sangat dahsyat untuk optimasi page speed blog jika kita melakukan Konfigurasi / Setting W3 Total Cache yang Benar.

Plugin WP Super Cache

Plugin ini Milik Donncha. Plugin ini juga ngga kalah saing ama W3 Total Cache. Namun sayang, Banyak Fitur yang ada di W3 Total Cache Belum tersedia di WP Super Cache. Plugin ini bisa maksimal jika di tambah dengan plugin DB Cache Reloaded dan WP Minify. Kelebihan dari plugin ini adalah Konfigurasi yang sangat mudah dan cocok untuk pemula.

Plugin Apa Yang Kalian Pake Untuk Optimasinya ?

Apa yang membuat kalian pilih plugin itu ? Blog ini Memakai Plugin W3 Total Cache Dan Bagaimana Respond Kalian ? Apa Blog Ini dapat memberikan kesan menjengkelkan buat kalian karena Loading Blog Yang Sangat Berat ? Apa yang saya rekomendasikan buat kalian ? Sepertinya saya merekomendasikan kalian memakai plugin W3 Total Cache Bagi User Tingkat Lanjut, Tapi saya rekomendasikan WP Super Cache ke temen temen saya yang belum paham betul tentang ginian.

Khusus buat Sodikin ama Riva : Blog lo pake WordPress.com alias Ga Bebas, Jadi ngga ada plugin yang di rekomendasiin buat lo berdua. Juga buat Kang Jali yang Mpunya Blog Dari Blogger rekomendasi saya bukan berupa plugin, Tapi pake template classic aja biar wes ewes ewes kayak blognya si Doni. Bagi yang mau kasih tanggepan monggo di siapin keyboardnya… Minimal 20 Huruf !!!!

Created By :        Date : 28 - May - 2011

Jasa Pembuatan Website

34 Comments

  1. danyfarid5Reply

    Saya takutnya dapat kejadian seperti itu, sudah susah-susah buatnya. Eh..malah pasang satu plugin, tapi plugin itu bikin Error blog (trauma saya).

  2. Nurul ImamReply

    && danyfarid5 : Berarti mending pasang plugin yang perlu2 aja dan yang simple buat di konfigurasi. Jangan pernah trauma dari kesalahan, belajarlah dari kesalahan !!!

  3. Pradisz WardhanaReply

    Keren Mas.. :D tampilan barunya.. ehhe, kasih juga dong ? kritik dan masukannya di new interface blogku :D

  4. Aini SastraReply

    klo mau ngikutin update eset nod32nya , follow via subscrip aja mas di sini http://www.myesetnod32.co.cc

  5. Adi WibowoReply

    Saya juga pakai W3 total cache sob.
    Tapi belum tau gimana konfigurasinya yang bener.
    Ada tutorialnya ga?

  6. iskandariaReply

    Saya agak trauma pakai plugin cache dan sebagai gantinya saya pakai script di file .htacces aja. Dulu saya pernah pakai plugin WP Super Cache. Tapi blog saya malah jadi error dan di dashboard juga muncul peringatan error. Abis itu, saya nggak pernah lagi pakai plugin yang ada embel-embel cache-nya.

  7. Hendro PrayitnoReply

    Jelas dong ini blog ga ada gambar, css juga dikit, apalagi js…
    sebenernya ga pakai plugin bisa, pakai gzip aja,,ini kan cuma konfigur di .htaccess

    Coba ente ke morbus situsnya kompleks dan banyak js juga gambar “banyak banget”,,tapi kecepatan luar biasa..tanpa mendempetkan html..bikin pusing buat di program, normal aja.

    Morbus kalau di ctrl+u terlihat normal kodenya..ga tau tuh orang pakai ilmu drupal apa..

  8. Hendro PrayitnoReply

    Plugin cache itu bukan buat blog yang ga ada gambar dan js..
    Plugin cache lebih baik di gunakan buat situs yang kompleks dan banyak gambar+js. kaya punya blog ane nih..
    banyak gambarnya, cuma sayang plugin cache wp rata-rata
    eror!

  9. CahyaReply

    Saya tidak pakai lagi cache, asal blog didesain cukup minim, biasanya tidak akan masalah, cache hanya akan memperberat saja :).

    Kalau saya memilih, mungkin akan pakai Quick Cache :D.

  10. iskandariaReply

    Bang Hendro, setuju! hahaha. Masuk akal banget kalo loading blog ini super cepat. Wong emang gak pakai gambar sedikit pun. Bahkan file HTML-nya didempetin ya mas Imam :) Baru nyadar saya pas buka source halaman blog ini.

  11. Nurul ImamReply

    && Pradisz Wardhana : Mumpung masih ada waktu buat istirahat langsung aja deh di kunjungi markasnya !!!

  12. Nurul ImamReply

    && Aini Sastra : Langsung tak follow buat temenku… hehehe saya ngga pake anti virus sih…

  13. Nurul ImamReply

    && Adi Wibowo : Searching aja di gugel. banyak kok. saya juga tadinya mau nulis buat nginget nginget otak saya yang lemot ini

  14. Nurul ImamReply

    && iskandaria : Wih kok traumanya ngga di pelajarin mas. Apa itu yang bikin error dan bagaimana cara kita untuk memperbaikinya.

    Saya rasa saya banyak belajar dari error bukan belajar dari contekan

  15. Nurul ImamReply

    && Hendro Prayitno : Dia juga ngga banyak kok penggunaan JS cuma 1 ama analytic. trus css cuma 2 doank so sama aja donk. mungkin karena blog ini terkesan seperti kertas usang yang di cat putih dan hasilnya tetep kertas.

  16. Nurul ImamReply

    && Cahya : Minimalis itu ngga meski cepet lho. Theme WPtypo ini juga dari diggwp meski minimalis tapi dia menggunakan JQuery untuk navigasinya yang mbikin berat di akses

  17. Nurul ImamReply

    && iskandaria : Mas is, HTML saya di theme normal kok ! ngga di dempet2in gitu, cuma kan saya pake fitur minify dari W3 Total cachenya. kan ada fitur HTML Minify dari HTML Tidy. So Ngga ada kesusahan buat program HTMLnya seperti yang bang hendro bilang ! kan emang normal 2 aja di file aslinya …

  18. adhaniReply

    saya truma menggunakan plugin w3 total cache.. bukanya tambah cepat tapi bikin berat
    saya aja bingung
    kembali ke kombinasi hyper cache + db cache reloaded fix + wp minify hasilnya lumayan lah

  19. Nurul ImamReply

    && adhani : Mungkin karena saya paling tidak suka menggunakan banyak plugin jadi saya pilih ke W3 Total Cache. Sepeertinya itu tergantung optimasi kitanya aja, Toh Blog ini tidak terasa berat untuk di akses

  20. D3NYC4HYOEReply

    kalau menurut saya mending pakai W3 Total Cache karena tidak membutuhkan banyak plugin,tetapi yang saya heran setelah mengaktifkan CDN-nya eh malah ada yg eror pada databasenya, soalnya masih awam dengan setingan dan cara buat CDN di W3 Total Cache,

    • Nurul ImamReply

      Lumayan agak mumet dihadepin ama buanyaknya settingan W3 Total Cache, Untuk setting CDNnya kadang bisa jalan normal kadang error klo salah konfigurasi

  21. Edi - aura ideReply

    Blog anda memang loadingnya cepat, saya masih bingung settingnya, buka beberapa tutorial tidak ada yang sama. Ketika saya coba, tidak bisa diakses di mobile, jadi saya hapus lagi.

    • Nurul ImamReply

      Banyak yang salah konfigurasinya, klo bener pasti hasilnya mantap kok :)

  22. caranya membuatReply

    ini plugin tidak menambah use disk gak? takut disk penuh, cuma pake shared hosting

    • Nurul ImamReply

      Menambah, kan ada file cache, cuma gak bakalan gede juga kok klo postingannya dikit & resource html, css, js, imagenya dikit.

  23. M.YusufReply

    saya pernah menggunakan wp super chace,dan hasilnya lumayan.dapat mempercepat loading blog.

    • Nurul ImamReply

      Menurut saya sih lebih baik W3 Total Cache untuk versi yang sekarang ini, meski sekarang saya sudah gak pakai lagi :D

  24. Fuadi MukhlisReply

    Wah, saya makin bingung mo pake plugin ini. Sementara pass dulu dah. Padahal web saja, kalo di test pake gtmetrix dapat kelas F yan gberarti loading blog lambat. Wah nggak tahu dah, nulis aja lagi, kalo nanti lemot ganti theme yang ringan.. btw thanks info nya

    • Nurul ImamReply

      Nulis aja lah ga usah mikirin loading blog :D

  25. Jual Obat KuatReply

    Saya pakai W3Total cache bagus sekali untuk mempercepat loading blog saya. Tapi sayangnya sekarang plugin tersebut banyak erornya, alhasil blog saya semakin berat bahkan saya cek di gtmetrix nilainya jadi D dan B.

    • Nurul ImamReply

      Hehehe gimana settingannya mas :D

  26. yogaReply

    setelah saya install w3 total cache dan saya setting di web saya tidak bissa dibuka keterangannya begini
    “Fatal error: Unknown: Cannot use output buffering in output buffering display handlers in Unknown on line 0″

    mohon bantuannya

  27. Ali YusliReply

    mantap postingnya kang…
    memang setuju kalo w3 tidak disetting dngan benar akan membuat website..
    namun pengaturannya benar, maka web juga makin tmbah kenceng.. :D
    ane sudah merasakannya di web ane.. hehe

  28. afifReply

    saya hampir stres,, stiap liat web,, munculnya eror dan eror terus…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>